• Selasa, 5 Juli 2022

Perbedaan Harga Migor Tinggi, Konsumen Pindah ke Minyak Curah

- Senin, 21 Maret 2022 | 14:00 WIB
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyikapi perbedaan selisih harga yang tinggi antara minyak goreng kemasan dengan minyak curah. (FOTO: Pikiran-rakyat.com)
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyikapi perbedaan selisih harga yang tinggi antara minyak goreng kemasan dengan minyak curah. (FOTO: Pikiran-rakyat.com)

MEDIUM.CO.ID - Perbedaan harga yang tinggi antara minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah akan membuat konsumen berpindah pilihan.

Migrasi konsumen minyak goreng kemasan ke minyak goreng curah adalah sebuah konsekwensi ketika harga minyak kemasan dibandrol dengan harga tinggi.

Ketua YLKI Tulus Abadi mengatakan kondisi itu bisa membuat konsumen berpindah pilihan. Tak menutup kemungkinan minyak goreng curah jadi opsi utama pembelian.

Artikel ini sudah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul:Selisih Harga Minyak Goreng Tinggi, YLKI : Konsumen Pindah ke Minyak Curah

"Dengan disparitas harga ini, saya khawatir akan membuat migrasi konsumen premium ke curah karena beda harga yang besar. Ini sangat wajar," kata Tulus dalam, menyadur Republika, Sabtu, 19 Maret 2022.

Pemerintah sendiri mematok harga pasaran minyak curah sebesar Rp14 ribu per liter. Sementara kemasan, harganya sampai menyentuh Rp 24 ribu lebih untuk per liternya.

Baca Juga: Kasus Serupa, Roby Satria Gitaris Band Geisha Ditangkap Lagi

Tulus menilai, pemerintah bertekuk lutut terhadap pengusaha dalam upaya menuntaskan persoalan minyak goreng di tengah masyarakat. Sebab, berbagai kebijakan telah dilakukan tetapi gagal.

"Masyarakat seperti menjadi kelinci percobaan, dari kebijakan a, kebijakan b, lalu ke c, dan klimaks akhirnya pemerintah gagal dan menyerah pada mekanisme pasar," kata Tulus.

Mengutip data Kemendag rata-rata kebutuhan minyak goreng nasional per bulan mencapai 327 ribu ton. Adapun, pangsa pasar minyak curah lebih tinggi ketimbang kemasan.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: ayoindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menaker Tegaskan 2022 THR Harus Kontan

Minggu, 10 April 2022 | 02:00 WIB

Jakarta Hadir di London Book Fair 2022

Kamis, 7 April 2022 | 04:30 WIB

Transaksi Digital Melalui QRIS Terus Melonjak

Rabu, 6 April 2022 | 03:00 WIB

Transformasi Digital Bawa Ayam Taliwang ke Eropa

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:00 WIB

Wamenkeu: Tidak Semua Barang/Jasa Dikenakan PPN

Sabtu, 19 Maret 2022 | 13:00 WIB

Terpopuler

X