• Jumat, 12 Agustus 2022

Inilah Perkembangan Harga Aset Bitcoin dari Puluhan Ribu ke Ratusan Juta

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:14 WIB
(Sumber: freepik.com)
(Sumber: freepik.com)

Setiap orang yang terjun ke dunia cryptocurrency tentu mengenal Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital yang muncul pertama kali. .

Kepopuleran Bitcoin membuat harga mata uang digital ini melejit ke angka hingga ratusan juta. Angka tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor permintaan yang meningkat hingga kelangkaan.

Melansir dari Pintu Academy, Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Pada waktu itu harga Bitcoin hanya sekitar puluhan ribu saja. Beberapa sumber mengatakan jika harga Bitcoin hanya 14 ribu rupiah saja.

Pada tahun 2012 Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat harga Bitcoin sekitar 5-7 dollar AS atau 45 ribu rupiah per kepingnya. Berbeda dengan sekarang yang mencapai hingga sekitar 350 juta per keping.

Perkembangan harga Bitcoin cukup mengalami lonjakan di tahun 2017. Saat itu, harga Bitcoin sekitar 970 dollar AS di awal tahun. Namun di akhir 2017 harga Bitcoin melonjak naik hingga 20.000 dollar AS per keping. Meskipun harga Bitcoin mengalami naik turun setelah itu.

Puncak kenaikan harga Bitcoin justru terjadi saat pandemi melanda dunia. Di saat beberapa bisnis dan perekonomian lemah karena pandemi, Bitcoin justru mendapatkan peningkatan permintaan. Sebab banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan investasi aset crypto.

Selain karena permintaan yang naik pesat, harga Bitcoin melejit karena kelegalitasannya. Berdasarkan Peraturan BAPPEBTI No. 5 Tahun 2019, keberadaan Bitcoin telah legal di Indonesia. Bitcoin telah diakui oleh BAPPEBTI dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Keberadaan Bitcoin di Indonesia memang diakui, namun bukan sebagai alat pembayaran. Alat pembayaran resmi di Indonesia tetaplah memakai mata uang rupiah. Meskipun di Indonesia belum dapat menjadi alat pembayaran yang resmi, pada beberapa negara Bitcoin telah dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Kegunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran membuat harga mata uang digital ini semakin menjanjikan. Harga Bitcoin semakin tahun terpantau mengalami kenaikan yang pasti. Bahkan beberapa perusahaan besar seperti Tesla mengumumkan jika Bitcoin dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Editor: Elisa Nursanti

Tags

Terkini

Menaker Tegaskan 2022 THR Harus Kontan

Minggu, 10 April 2022 | 02:00 WIB

Jakarta Hadir di London Book Fair 2022

Kamis, 7 April 2022 | 04:30 WIB

Transaksi Digital Melalui QRIS Terus Melonjak

Rabu, 6 April 2022 | 03:00 WIB

Transformasi Digital Bawa Ayam Taliwang ke Eropa

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:00 WIB

Terpopuler

X