• Sabtu, 4 Desember 2021

Rekomendasi Aplikasi Antivirus Paling Ampuh Untuk HP Android Gratis

- Senin, 13 September 2021 | 22:00 WIB
Ilustrasi HP kena Virus (duniatekno.info)
Ilustrasi HP kena Virus (duniatekno.info)

MEDIUM.CO.ID - Semenjak di ciptakannya virus komputer pertama di dunia bernama paskitani brain tahun 1986, membuat keberadaan virus komputer semakin meresahkan pengguna. Karena virus mampu membuat sistem dan software komputer yang kita miliki menjadi rusak sehingga kinerja komputer melambat saat menjalankan perintah dan bahkan komputer tidak bisa di gunakan.

Hal ini di karenakan virus mampu menginfeksi boot sector dan mereplikasikan dirinya dengan menggunakan kode program yang di buat oleh pihak developers yang tak bertanggung jawab. Sehingga virus terus menyebar dari satu komputer ke komputer lain melalui beberapa media penghubung seperti media flashdisk, harddisk hingga jaringan komputer saat pengguna sedang terhubung dengan internet (online) di laptopnya.

Seiring dengan semakin majunya dunia teknologi ternyata di barengi dengan munculnya jenis virus baru yang mampu menginfeksi perangkat lain selain komputer seperti perangkat tab, laptop, iPad, iPhone, Smartphone dan perangkat lainnya.

Tentunya hal itu mengkhawatirkan pengguna khususnya pengguna smartphone karena virus baru pada smartphone bisa menyebabkan file, data dan aplikasi yang di miliki menjadi hilang dan tak bisa di buka. Dimana virus pada smartphone bisa masuk melalui beberapa media seperti melalui sambungan bluetooth, kartu SD, sambungan Wifi, aplikasi berbahaya dan situs berbahaya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Virus Ransomware dan Memulihkan File di Perangkat PC atau Laptop

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memasang aplikasi antivirus pada smartphone android kita. Dimana kita harus mendowlnload dan menginstal aplikasi antivirus terlebih dahulu di layanan google playstore.

Yang selanjutnya setelah antivirus terpasang di smartphone kita maka setiap kali ada virus yang coba masuk ke smartphone kita, antivirus di smartphone secara otomatis melindungi dengan melakukan proses scanning virus dan bila virus terdeteksi maka virus tersebut akan secara otomatis di kuarantina atau di hapus oleh aplikasi.

Sebelum kami menjelaskan beberapa aplikasi antivirus yang bisa di gunakan pengguna di smartphone android. Pada kali ini kami akan membahas apa itu aplikasi antivirus dan jenisnya.

Lalu Apa itu Aplikasi Antivirus?

Aplikasi Antivirus adalah sebuah program perangkat lunak yang di gunakan untuk mencegah, mendeteksi, menghapus dan mengkarantina virus yang mencoba masuk ke sistem pada perangkat yang kita gunakan baik itu perangkat komputer (windows), smartphone (android) maupun perangkat iPhone (iOS)

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menabung, Cara Kreatif untuk Biaya Menikah

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:00 WIB

Kode Redeem PUBG Terbaru Sabtu 4 Desember 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:45 WIB

Deretan Doa Para Nabi, Bermanfaat Dibaca Setiap Hari

Jumat, 3 Desember 2021 | 13:00 WIB
X