• Rabu, 19 Januari 2022

Wajib Diketahui! Tata Cara Mandi Junub Menggunakan Sabun dan Shampo

- Jumat, 3 Desember 2021 | 11:00 WIB
Mandi junub wajib dilakukan orang muslim yang berhadas besar.(Pixabay)
Mandi junub wajib dilakukan orang muslim yang berhadas besar.(Pixabay)

MEDIUM.CO.ID - Mandi junub wajib dilakukan umat muslim setelah melakukan hubungan badan antara suami dan isteri.

Tidak hanya setelah berhubungan badan, mandi junub wajib dilakukan apabila seseorang berhadas besar seperti keluar air mani akibat mimpi atau faktor lainnya.

Mandi junub wajib dilakukan apabila berhadas besar karena berkaitan dengan ibadah-ibadah lainnya. Sebab, amalan ibadah seseorang tidak sah apabila dilakukan dengan keadaan badan berhadas besar seperti salat.

Artikel ini sudah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul:Sabun dan Sampo Sebabkan Mandi Junub Tidak Sah? Ini Kata Gus Baha

Oleh karenanya, penting diketahui bagaimana tata cara mandi junub yang benar dan sesuai dengan hukum syariat atau ketentuan yang sudah ditentukan.

Perintah mandi junub terdapat dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 6.

اَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Baca Juga: Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Kota Bandung Berlakukan Penyekatan Dibeberapa Ruas Jalan, Dimana Saja?

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur." (QS Al Maidah ayat 6).

Terkait mandi junub ini kiai kondang, Gus Baha, menjelaskan bahwa saat mandi junub tidak boleh ada sabun atau sampo terlebih dahulu sampai mandi junubnya selesai.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kode Redeem PUBG Terbaru Rabu, 19 Januari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:00 WIB

JinJin dan Rocky ASTRO Bicara Tentang Debut Mereka

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:45 WIB

Kode Redeem Free Fire Terbaru, Rabu, 19 Januari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:30 WIB

4 Rekomendasi Film Tentang Kekerasan Seksual

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:15 WIB

Kode Redeem PUBG Terbaru Selasa, 18 Januari 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 23:40 WIB
X