• Sabtu, 21 Mei 2022

Mimpi Basah, Begini Cara Mandi Junub Saat Puasa

- Minggu, 10 April 2022 | 05:00 WIB
Ilustrasi hukum dan tata cara mandi junub setelah mimpi basah saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. (Foto: pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi hukum dan tata cara mandi junub setelah mimpi basah saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. (Foto: pikiran-rakyat.com)

MEDIUM.CO.ID - Bukan tidak mungkin seseorang yang sudah dewasa mengalami mimpi basah di siang hari saat menjalani puasa ramadhan.

Oleh karenanya, umat muslim yang sudah dewasa dan sedang berpuasa ramadhan sangat penting mengetahui hukum dan tata cara mandi junub di siang hari.

Lalu bagaimana hukum mimpi basah di siang hari saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, apakah membatalkan puasa?

 Artikel ini sudah tayang di Ayobandung.com dengan judul:Mimpi Basah saat Puasa Bisa Lanjut Asal Mandi Junub, Ini Caranya

Seseorang yang mimpi basah karena terbayang hubungan seks atau suami-istri saat dia puasa, puasanya tidak batal. Demikian dikatakan KH Hermansyah, Lc. MA.

"Tidak membatalkan kerena orang tidur tentu tidak sengaja mengeluarkan maninya dan dia juga melakukannya bukan dengan orang sungguhan cuma terkhayalkan di alam mimpinya," kata KH Hermansyah, dikutip dari Republika.

Baca Juga: 5 Tips Aman Jalani Puasa Bagi Penderita Maag

Karena tidak membatalkan puasa, jika seseorang sudah mimpi basah, apa yang harus dilakukan?

"Karena keluarnya tersebut tidak disertai dengan sentuhan. Akan tetapi orang ini wajib mandi janabah untuk mengangkat hadas besar sebab mimpi basahnya tersebut," kata KH Herman.

KH Herman menyampaikan, dalam suatu riwayat yang shahih diriwayatkan bahwa Nabi dan Aisyah tertidur sampai waktu subuh dalam keadaan junub usai jima' di malam hari.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: AyoBandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 Penuh Makna

Sabtu, 23 April 2022 | 17:00 WIB

5 Olahraga yang Cocok Saat Berpuasa

Sabtu, 23 April 2022 | 15:00 WIB

Studi: Berpuasa Bermanfaat Mencegah Penuaan Dini

Jumat, 22 April 2022 | 16:30 WIB
X