• Sabtu, 21 Mei 2022

Penting Diketahui, Ini 8 Kelompok yang Wajib Menerima Zakat atau Mustahik

- Kamis, 21 April 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi 8 golongan yang berhak menerima zakat. (Foto:pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi 8 golongan yang berhak menerima zakat. (Foto:pikiran-rakyat.com)

MEDIUM.CO.ID - Sebelum memasuki hari raya Idul Fitri 2022, setiap umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Dalam zakat fitrah, orang yang berhak menerima zakat disebut Mustahik. Sementara orang yang termasuk golongan tidak berhak menerima zakat disebut muzakki.

Hasil dari pengumpulan zakat fitrah nantinya akan dibagikan kepada orang yang berhak menerima zakat itu. Para mustahik terbagi dalam beberapa kriteria, berikut penjelasannya. Dilansir Suara.com, berikut ada 8 ciri-ciri mustahik atau orang yang berhak menerima zakat.

Artikel ini sudah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul:8 Kelompok yang Wajib Menerima Zakat atau Mustahik

1. Fakir
Golongan orang yang berhak menerima zakat pertama adalah para fakir, yaitu sekelompok orang yang tidak memiliki sumber penghasilan apapun disebabkan oleh suatu masalah berat.

Misalnya karena sakit yang menyebabkan tubuh tidak bisa bergerak untuk bekerja mencari nafkah. Sampai-sampai ia pun tidak dapat menyediakan pakaian dan tempat tinggal yang layak untuk diri sendiri.

Baca Juga: Satgas Pangan Polri Tindak 18 Penyelewengan Minyak Goreng

2. Miskin
Golongan orang yang berhak menerima zakat selanjutnya adalah miskin, yaitu sekelompok orang yang mempunyai sumber penghasilan, tapi jumlahnya tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, mereka sering kekurangan sampai-sampai terpaksa berpuasa karena tidak memiliki sesuatu untuk dimakan.

3. Riqab
Golongan orang yang berhak menerima zakat selanjutnya adalah riqab, yaitu sosok yang termasuk dalam hamba sahaya. Hamba sahaya dalam Al Qur'an disebut 'abiid yang artinya budak karena hidupnya diperbudak oleh oran lain.

4. Gharim
Golongan orang yang berhak menerima zakat selanjutnya disebut Gharim, yaitu orang yang mempunyai hutang dan dalam keadaan kesulitan melunasi hutangnya.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: ayoindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 Penuh Makna

Sabtu, 23 April 2022 | 17:00 WIB

5 Olahraga yang Cocok Saat Berpuasa

Sabtu, 23 April 2022 | 15:00 WIB

Studi: Berpuasa Bermanfaat Mencegah Penuaan Dini

Jumat, 22 April 2022 | 16:30 WIB
X