• Sabtu, 21 Mei 2022

Bupati Probolinggo OTT KPK , Wakil Ketua Pemberantasan Korupsi KPK Beberkan Kronologisnya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:30 WIB
Ilustrasi OTT KPK (ayosurabaya)
Ilustrasi OTT KPK (ayosurabaya)

MEDIUM.CO.ID - Wakil Ketua Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menuturkan kronologis penangkapan Bupati Probolinggo yang berlokasi di Pemkab Probolinggo.

Alexander Marwata mengungkapkan bahwa pengintaian sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo tersebut telah dilakukan sejak Minggu, 29 Agustus 2021.

Di hari Minggu tersbut, tim KPK menerima informasi adanya dugaan terjadi penerimaan sejumlah uang oleh penyelenggara negara yang diduga telah disiapkan dan diberikan oleh DK, camat Krejengan bersama dengan SO selaku Kades Karangren.

“Sebelumnya, DK dan SO telah menyepakati dan menyiapkan proposal usulan nama-nama calon pejabat kepala desa serta sejumlah uang untuk diserahkan kepada HA yang merupakan suami sekaligus orang kepercayaan dari PTS untuk dilakukan seleksi dan membubuhkan paraf sebagai tanda bukti persetujuan mewakili PTS,” tutur Alexander Marwata.

Pada saat diamankan KPK, DK dan SO pun membawa uang sejumlah Rp240 juta dan proposal usulan nama untuk menjadi pejabat kepala desa yang diduga berasal dari para ASN di Pemkab Probolinggo.

Artikel ini sudah tayang di Pikiran-Rakyat dengan judul: Kronologi OTT Bupati Probolinggo Cs, KPK Amankan Uang Senilai Rp362,5 Juta

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut menginginkan posisi untuk menjabat sebagai kepala desa di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo.

“Sedangkan MR turut diamankan bersama uang sejumlah Rp112.500.000 di rumah kediaman pribadinya di wilayah Curug Ginting, Kecamatan Kanigarang, Probolinggo,” ujar Alexander Marwata.

Selanjutnya pada Senin, 30 Agustus 2021, Tim KPK bergerak dan mengamankan HA, PTS, PJK, dan FR di salah satu rumah yang beralamat di Jl. Ahmad Yani, Probolinggo.

“Semua pihak yang diamankan tersebut dibawa ke Polda Jawa Timur untuk dilakukan permintaan keterangan, dan selanjutnya dibawa ke Gedung KPK Merah Putih untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tutur Alexander Marwata.

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

BKSAP Desak PBB Tegas Sikapi Kekerasan di Al-Aqsa

Selasa, 19 April 2022 | 16:00 WIB

Vanessa Khong dan Ayahnya Minta Tunda Pemeriksaan

Jumat, 15 April 2022 | 05:00 WIB

Polri Ungkap Peran Adik Hingga Pacar Indra Kenz

Selasa, 12 April 2022 | 02:30 WIB
X