• Sabtu, 4 Desember 2021

Bisa Bikin Bocor Data Pribadi, Jangan unduh PeduliLindungi dari WhatsApp!

- Kamis, 9 September 2021 | 07:00 WIB
Aplikasi Pedulilindungi (kemkominfo)
Aplikasi Pedulilindungi (kemkominfo)

MEDIUM.CO.ID - Banyaknya penyalahgunaan data masyarakat bisa berawal dari asal memencet link yang ada di WhatsApp atau sms yang masuk ke smartphone.

Salah satunya yang saat ini gencar disosialisasikan karena dapat digunakan sebagai bagian dari persyaratan bepergian, yakni aplikasi PeduliLindungi.

Di dalam aplikasi ini salah satunya terdapat sertifikat vaksin yang bisa ditunjukkan saat akan pergi menggunakan KRL, masuk ke mall, dan sebagainya.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kirim Email Bisnis

Meski begitu, dalam artikel AyoIndonesia.com dengan judul Jangan Unduh Aplikasi PeduliLindungi dari Grup WhatsApp, Data Pribadi Bisa Bocor, ada poin penting dalam penggunannya.

Salah satunya adalah masyarakat diimbau tidak mengunduh aplikasi PeduliLindungi dari grup WhatsApp.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengunduh aplikasi ponsel pintar PeduliLindungi dari sumber resmi seperti App Store dan Google Playstore, bukan dari sumber tidak resmi termasuk yang beredar di grup WhatsApp.

Baca Juga: FIFA Larang Pemain Brasil Mainkan Laga Liga Inggris Pekan Ini, Ini Alasannya

"Jangan mengunduh dari link yang mengaku akses PeduliLindungi lewat Whatsapp Grup, yang ternyata link dari orang yang tak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi," ujar Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Devie Rahmawati dalam sebuah webinar Rabu 8 September 2021.

Dia mengatakan persoalan keamanan data dari aplikasi PeduliLindungi sebenarnya berawal dari diri masyarakat.

Halaman:

Editor: Afifah Rahmah

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Terkini

X