• Sabtu, 23 Oktober 2021

Banyak yang Stress Selama Pandemi, ILUNI UI Gelar Konsultasi Gratis Seluruh Indonesia

- Selasa, 14 September 2021 | 07:30 WIB
Stress banyak pikiran. (Pixabay)
Stress banyak pikiran. (Pixabay)

MEDIUM.CO.ID - Bukan hanya ekonomi yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, tetapi juga kesehatan fisik dan psikis masyarakat.

Situasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan menyebabkan banyak orang mengalami stres. Oleh karenanya, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) akan menyelenggarakan sesi konsuling gratis dengan 36 psikolog dari seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental. Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan menyusul fenomena banyaknya masyarakat yang mengalami stres akibat peristiwa pandemi, dimana membuat mereka sulit untuk bertatap muka dan kurang bersosialisasi.

Baca Juga: Netizen Terpukau dengan Visual Para Pemain Film 'Date at 2 PM'

“Kegiatan ini penting agar kita dapat saling mendukung, khususnya saat pandemi," katanya sebagaimana dilansir dari Republika, Selasa 14 September 2021.

Andre mengutip data International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2020, yang menunjukkan selama pandemi terjadi penambahan stres pada masyarakat global, terutama pada individu dibawah usia 25 tahun.

Sejalan dengan hal itu, melansir dari Journal of Medical Internet Research tahun 2020, penurunan interaksi sosial menjadi salah satu penyebab stres hingga 86 persen.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Hantari Consulting ini juga memiliki tiga rangkaian kegiatan webinar “Well-being Series Stay Cool” sejak bulan September hingga November 2021. Rangkaian webinar dan konseling ini mengajak masyarakat bisa lebih tenang dan tetap berprasangka positif. "Kami hadir siap sedia membantu sebagai pendukung,” ujarnya.

Baca Juga: Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Selasa, 14 September 2021

Dalam webinar serial pertama ini, para narasumber membantu pemahaman individu tentang stres dan cara mengolah stres dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya, cara mempelajari relaksasi diri guna menjaga kesehatan mental.

Halaman:

Editor: Afifah Rahmah

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Terkini

PTMT di Kota Depok Tetap Berlanjut

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:36 WIB

Wapres: Kemiskinan Tak Bisa Selesai dengan Bansos

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Naik Rantis

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:42 WIB

PPKM Level 2, Pemkot Depok Keluarkan Sejumlah Aturan

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X