• Sabtu, 4 Desember 2021

Jaga Sepanjang Pantai Garut untuk Pantau Eksodus Afghanistan

- Selasa, 14 September 2021 | 11:30 WIB
Potret regu penyelamat Pantai Santolo Garut (Aep Hendy)
Potret regu penyelamat Pantai Santolo Garut (Aep Hendy)

MEDIUM.CO.ID - Setelah konflik yang terjadi di Afghanistan, Indonesia kini bersiap dengan adanya kabar mengenai para eksodus dari sana.

Konflik yang terjadi di negara Afghanistan pascadikuasai Taliban, mau tidak mau harus diwaspadai juga oleh Pemkab Garut.

Hal ini dikarenakan adanya ancaman kedatangan eksodus warga Afghanistan ke wilayah perairan Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Para Pemain Andalan Indonesia yang Akan Berlaga di Piala Sudirman

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut, Wahyudijaya, adanya kekhawatiran ancaman kedatangan para eksodus ke wilayah Garut tidaklah berlebihan.

Hal ini dikarenakan wilayah perairan Garut selama ini seringkali digunakan persinggahan oleh para imigran gelap dari berbagai negara, yang tengah dilanda konflik.

"Wajar jika ada kekhawatiran akan kedatangan para eksodus dari Afghanistan ke wilayah kita mengingat selama ini wilayah perairan kita sering digunakan persinggahan para imigran gelap dari berbagai negara yang hendak mencari suaka. Tujuan mereka memang Pulau Christmas tapi transitnya selalu di wilayah pantai selatan Garut," kata Wahyu, Senin, 13 September 2021.

Baca Juga: Pascal Struijk tak Berniat Patahkan Kaki Elliot, tapi Wasit Tepat Mengganjar Kartu Merah

Menurut Wahyu, sebagai salah satu perlintasan laut di wilayah Samudera Hindia, pesisir pantai selatan Garut kerap menjadi persinggahan imigran gelap pencari suaka.

Hal ini tak menutup kemungkinan juga dilakukan para eksodus dari Afghanistan yang akan mencari suaka setelah negaranya dikuasai Taliban.

Halaman:

Editor: Afifah Rahmah

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X