• Sabtu, 23 Oktober 2021

Dishub Cianjur Luncurkan 'SIM Manjur', Bayar Uji KIR Kendaraan Jadi Lebih Mudah

- Senin, 20 September 2021 | 11:20 WIB
Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin saat melihat proses pembayaran uji KIR kendaraan. (medium.co.id/Febrianto)
Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin saat melihat proses pembayaran uji KIR kendaraan. (medium.co.id/Febrianto)

MEDIUM.CO.ID - Pembayaran Uji Kendaraan Bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur sekarang sudah bisa secara digital melalui Sistem Pembayaran KIR Non Tunai Kabupaten Cianjur (SIM Manjur).

Cukup dengan scan QRIS Barcode, pemilik kendaraan bisa membayar retribusi pengujian (KIR).

Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahrudin mengatakan, inovasi tersebut merupakan penyederhanaan dari yang semula pembayaran uji kendaraan secara tunai sekarang sudah menggunakan sistem digital atau QRIS.

"Tadi ada warga yang melakukan pembayaran uji kendaraan dengan begitu mudahnya, tanpa harus mengeluarkan dana tunai dari dompetnya masing-masing," katanya kepada wartawan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Senin (20/9/2021).

Mulyana menilai, sistem digital merupakan suatu hal yang tidak terbantahkan pada jaman ini dan semua harus mengikuti. Menurutnya, ada beberapa keuntungan, diantaranya dengan sistem QRIS tentu saja bukan untuk membuat ribet masyarakat tetapi menyederhanakan sisten pembayaran.

"Keuntungan bagi Pemda pendapatan akan optimal karena berapapun yang dibayarkan akan langsung jadi laporan dan masuk ke kas daerah. Kemudian tidak akan ada lagi uang yang lusuh atay istilah kembalian. Jadi semuanya sesuai dengan tarifnya," ucapnya.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini akan mengurangi faktor risiko transimisi wabah penyakit menular. Tidak ada kontak fisik secara langsung melalui tangan atau uang.

Mulyana menegaskan, sistem pembayaran non tunai ini juga salah satu upaya mencegah terjadinya pungutan liar (pungli). "Jadi masyarakat membayar sesuai tarifnya dan akan masuk ke kas daerah, bersih," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto mengatakan, seperti yang disampaikan oleh Wakil Bupati Cianjur bahwa sistem pembayaran KIR nnon tunai lebih memudahkan masyarakat.

"Pembayaran uji kendaraan secara online penyderhanaan lebih simple tidak terlalu banyak alur," pungkasnya.*

Halaman:

Editor: Febrianto

Tags

Terkini

PTMT di Kota Depok Tetap Berlanjut

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:36 WIB

Wapres: Kemiskinan Tak Bisa Selesai dengan Bansos

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Naik Rantis

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:42 WIB

PPKM Level 2, Pemkot Depok Keluarkan Sejumlah Aturan

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X