• Sabtu, 21 Mei 2022

Peringati Hari Bea dan Cukai ke-75, Menkeu Sampaikan Pesan Ini

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Menkeu ingin semangat seperti itu selalu digunakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Menkeu juga meminta para jajaran agar bersama-sama mengawal reformasi di bidang kepabeanan dan cukai (kemenkeu.go.id)
Menkeu ingin semangat seperti itu selalu digunakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Menkeu juga meminta para jajaran agar bersama-sama mengawal reformasi di bidang kepabeanan dan cukai (kemenkeu.go.id)

MEDIUM.CO.ID - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang kini berada pada usia 75 tahun telah mencapai banyak sekali prestasi dengan terus melakukan reformasi. Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengingatkan bahwa reformasi adalah tugas terus-menerus yang harus terus diemban dan dipelihara. Hal ini Menkeu katakan saat menyampaikan arahan pada acara Apel Khusus Peringatan Hari Bea dan Cukai ke-75, secara virtual pada Sabtu (02/10).

“Sebagai sebuah organisasi yang ada di garis depan, DJBC harus terus memperbaiki diri. Pertama, di bidang penguatan integritas dan kelembagaan. Kedua, terus memperbaiki pelayanan dan pemeriksaan. Ketiga, mencegah dan melakukan penindakan yang efektif. Dan keempat, menjaga penerimaan negara dan mendukung perekonomian secara optimal,” pesan Menkeu.

Selanjutnya, Menkeu juga berharap agar DJBC harus terus mampu merekrut jajaran terbaik dari seluruh Indonesia, dan kemudian orang-orang terbaik ini terus dibina sehingga mereka menjadi jajaran profesional, berintegritas dan selalu bisa diandalkan serta dipercaya.

Baca Juga: Menkeu Sebut Sampai Agustus 2021 Kinerja APBN Baik

Dalam melakukan reformasi, Menkeu menekankan bahwa DJBC harus bekerjasama secara erat dengan unit-unit lain di Kementerian Keuangan. Menurut Menkeu, kolaborasi dan sinergi adalah suatu keharusan dan menjadi strategi yang tidak bisa dipisahkan untuk mencapai tujuan serta visi misi bersama.

“DJBC harus juga mampu bekerja dengan Kementerian/Lembaga yang lain. Teruslah bekerja sama dalam ekosistem dengan para pemangku kepentingan yang lain. Dilakukan secara penuh tanggungjawab dan gunakan teknologi informasi untuk membantu kinerja dan juga menciptakan pelayanan yang reliable, cepat, dan bisa dipercaya.

Untuk tahun 2021 ini, Menkeu berharap target penerimaan negara bisa dicapai meskipun dengan target pertumbuhan yang cukup menantang. Namun, dengan melihat degup pemulihan ekonomi yang saat ini tengah berlangsung, Menkeu percaya bahwa hal itu bisa dicapai oleh seluruh jajaran DJBC.

“Kita tidak hanya fokus untuk mengumpulkan penerimaan negara. Fokus kita adalah memulihkan ekonomi. Oleh karena itu seluruh jajaran DJBC harus terus melihat secara cermat bagaimana ekonomi kita dapat tumbuh dan pulih, memanfaatkan momentum pemulihan global, mengaitkan dan menjahit kegiatan produksi dalam global value chain, menciptakan nilai tambah, sehingga kita mendapatkan tidak hanya manfaat ekonomi namun masyarakat mendapatkan manfaat nyata dalam bentuk kesempatan kerja dan kemakmuran,” jelasnya.

Baca Juga: Menkeu Tegaskan Satgas BLBI Lakukan Tindakan Sesuai Landasan Hukum untuk Mengembalikan Hak NegaraBaca Juga: Menkeu Tegaskan Satgas BLBI Lakukan Tindakan Sesuai Landasan Hukum untuk Mengembalikan Hak Negara

Pada kesempatan yang sama, Menkeu juga berpesan kepada jajaran DJBC agar terus mampu bekerja denga penuh dedikasi dan profesionalitas. Menkeu ingin agar para jajaran selalu menggunakan passion dan kecintaan terhadap Indonesia dalam melaksanakan tugas negara.

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

Kasal: Ramadan, Bulan yang Teramat Istimewa

Jumat, 22 April 2022 | 14:30 WIB

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB
X