• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemkab Garut Apresiasi PEPADI Gelar Festival dan Binojakrama Padalangan Se-Kabupaten Garut

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:00 WIB
 Festival dan Binojakrama Padalangan Se-Kabupaten Garut (garutkab.go.id)
Festival dan Binojakrama Padalangan Se-Kabupaten Garut (garutkab.go.id)

MEDIUM.CO.ID - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengapresiasi PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Garut yang telah menginisiasi pergelaran dalam sebuah kemasan Festival dan Biojakarama Padalangan Se-Kabupaten Garut, pergelaran ini diharapkan muncul generasi pedalangan di Kabupaten Garut.

Festival dan Binojakrama Padalangan Se-Kabupaten Garut ini mengambil tema Dalang Boga Kahayang, digelar selama dua hari (20 s.d. 21 Oktober), di Gedung Bale Paminton Intan Dewata, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu 20 Oktober 2021.

Wabup dr. Helmi Budiman, mengatakan, festival ini diharapkan dapat membangkitkan budaya Kabupaten Garut khususnya di bidang pewayangan dan pedalangan agar bisa mencapai skala internasional.

“Alhamdulillah Kabupaten Garut mulai bangkit khususnya di budaya pewayangan pedalangan. Hari ini ada festival untuk anak-anak, remaja, dan dewasa untuk tentu mempersiapkan ke depan dalang-dalang kita yang profesional. Dan berskala bukan hanya Garut (tapi) berskala nasional dan internasional,” kata dr. Helmi.

Baca Juga: Menparekraf Ingin Desa Wisata Saung Ciburial Jadi Ikon Baru Pariwisata di Garut

Wabup juga berharap kegiatan ini bisa memunculkan dalang-dalang baru yang potensial sehingga bisa menampilkan kebudayaan Kabupaten Garut. Selain itu, ia menuturkan, pewayangan ini bisa digunakan sebagai sarana edukasi melalui budaya.

“Yang kedua juga karena pewayangannya adalah budaya yang bisa masuk ke hampir seluruh elemen masyarakat terutama dalam perubahan perilaku mau tentang Covid, mau tentang ODF (Open Defecation Free) dan sebagainya ini kan bisa masuk. Jadi proses edukasi melalui budaya, proses pendidikan melalui budaya, melalui pewayangan,” ujarnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan, juga muncul seorang seniman baru, seperti seniman yang melegenda yaitu sang dalang terkemuka almarhum Asep Sunandar Sunarya.

“Sebenarnya kan sudah banyak dalang di Kabupaten Garut ini, sudah banyak yang bermunculan, tapi ini kan perlu diasah, perlu ditampilkan lebih banyak sehingga bisa profesional, saya berharap ada lahir lagi Asep Sunandar Sunarya di Kabupaten Garut,” ucap Wabup.

Baca Juga: Optimalisasi Budidaya Sapi serta Penyediaan Pakan Pemkab Garut Akan Bangun Bank Pakan Skala Besar

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Sumber: garutkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

Kasal: Ramadan, Bulan yang Teramat Istimewa

Jumat, 22 April 2022 | 14:30 WIB

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB
X