• Sabtu, 4 Desember 2021

Puluhan Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Ciamis Ikuti Sosialisasi Bahaya Rokok Ilegal

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:20 WIB
Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Ciamis dilibatkan untuk memerangi rokok ilegal. (Humas Pemprov Jabar)
Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Ciamis dilibatkan untuk memerangi rokok ilegal. (Humas Pemprov Jabar)

MEDIUM.CO.ID - Dalam upaya menekan peredaran rokok ilegal, Pemkab Ciamis melalui Dinas Kominfo dan Bea Cukai Tasikmalaya melakukan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Cukai Rokok di Aula Desa Karyamulya Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Kamis 21 Oktober 2021.

Peserta kegiatan sosialisasi kali ini diikuti oleh 35 orang peserta dari unsur Kecamatan Cisaga, Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Cisaga.

Dalam acara tersebut, Pejabat Fungsional Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Tasikmalaya Ismail Hakim menerangkan rokok ilegal adalah rokok yang dalam pembuatan dan peredarannya tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai.

Baca Juga: Alec Baldwin Menangis di Luar Kantor Polisi Usai Tanpa Sengaja Menembak Mati Sinematografer Halyna Hutchins

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai, dikatakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang,” kata Ismail

Terdapat lima kategori rokok ilegal, lanjut Ismail. Pertama, polos yaitu rokok yang diedarkan, dijual, atau ditawarkan tidak dilekati pita cukai.

Lalu yang kedua, palsu atau dipalsukan yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang bukan asli atau disama-samakan dengan yang asli.

Baca Juga: Manny Pacquiao di Mata Freddie Roach: Tak Akan Pernah Ada PacMan Lain!

Ketiga, bekas yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang sudah pernah dipakai sebelumnya pada bungkus yang lain.

Kempat, salah peruntukkan yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan volume, kuantitas, berat, tarif, Harga Jual Eceran (HJC) atau jenisnya.

Halaman:

Editor: Deden Abdul Aziz

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X