• Sabtu, 4 Desember 2021

Mahfud MD Jamin Tim Seleksi KPU-Bawaslu Berintegritas dan Tak Bisa Diintervensi

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:57 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (YouTube Kemenko Polhukam RI)
Menko Polhukam Mahfud MD. (YouTube Kemenko Polhukam RI)

MEDIUM.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah bertekad netral dan adil dalam urusan Pemilu.

Karena itu, untuk pembentukan Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dipilih orang-orang yang kredibilitasnya teruji dan berintegritas.

"Pembentukan panitia seleksi ini sesuai dengan kalender konstitusional kita, yang mengatakan bahwa 2024 akan ada Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden, dan Pemilihan Kepala Daerah," kata Mahfud MD seusai menerima kunjungan audiensi Tim Seleksi KPU dan Bawaslu, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Jessica Iskandar Ungkap Alasan Mau Dinikahi Vincent Verhaag

"Di tahun yang sama, juga pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru. Juga dalam kalender konstitusi, KPU dan Bawaslu harus sudah diganti pada 11 April 2022," imbuh Mahfud MD.

Hadir dalam kesempatan tersebut, 7 dari 11 anggota, antara lain Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro dan Wakil Ketua Tim Chandra Hamzah. Tiga orang berhalangan karena masih berada di luar kota.

Mahfud MD menjelaskan, dengan membentuk Tim Seleksi KPU dan Bawaslu dan aktif menentukan tanggal Pemilu 2024, maka agenda pemerintah menjadi jelas.

Baca Juga: Hari Santri Nasional Momentum Ciptakan Kerukunan Bangsa

Pemilu harus dilaksanakan sesuai kalender konstitusi dan UU. "Ini sesuai perintah presiden, untuk membuat jadwal Pemilu sesuai UU dan jangan berpikir politik di luar itu," katanya.

Juri Ardiantoro mengatakan, Tim Seleksi bertemu dan berdiskusi dengan Mahfud MD untuk menyampaikan perkembangan tahapan seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027.

Halaman:

Editor: Deden Abdul Aziz

Sumber: Humas Kemenko Polhukam RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Minta Toilet Umum di SPBU Gratis

Selasa, 23 November 2021 | 19:45 WIB

Perpadi Jamin Stok Beras Cukup Sampai Akhir Tahun

Jumat, 19 November 2021 | 14:30 WIB
X