• Sabtu, 21 Mei 2022

Akibat Hujan Deras, Jalan di Kawasan Star Energy Darajat Garut Alami Longsor

- Sabtu, 20 November 2021 | 09:30 WIB
Bencana longsor di kawasan Darajat Kabupaten garut (Garutkab.go.id)
Bencana longsor di kawasan Darajat Kabupaten garut (Garutkab.go.id)

MEDIUM.CO.ID - Bencana longsor kembali terjadi di Kabupaten Garut, kali ini bencana longsor terjadi di Kawasan Star Energy Darajat Blok Cikupakan, Desa Karyamejar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jum'at 19 November 2021.

Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, menyampaikan laporannya, akibat dari bencana longsor ini, jalan penghubung antara Puncak Darajat Garut dengan kawah darajat terputus.

"Ini longsor memutuskan jalan dari arah puncak darajat menuju kawah darajat, ini posisinya di Blok Cikupakan ini merupakan perbatasan antara Desa Karyamekar dan Desa Sarimukti," ujar Camat Pasirwangi Kabupaten Garut dalam keterangannya melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp.

Baca Juga: Terapkan Prokes Ketat, DBL West Java Series Sukses Dihadiri Penonton

Ia menuturkan, saat ini ada beberapa pegawai yang terjebak akibat terputusnya jalan yang biasa dilalui oleh petani dan pekerja proyek PT. Star Energy ini.

"Di atas masih ada pegawai yang melakukan proyek yang mungkin kesulitan untuk turun, untuk alat-alat berat tidak bisa turun ke bawah karena terputus.

Saepul mengungkapkan, selain di daerah Desa Karyamekar, longsor juga terjadi di beberapa daerah lain di Kecamatan Pasirwangi, seperti di daerah jalan menuju kawah darajat, dan juga di daerah Desa Padaawas. Beberapa kejadian longsor ini diakibatkan oleh debit yang sangat tinggi, karena derasnya hujan yang terjadi didaerah tersebut.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2021, Polri Tangani 69 Perkara Mafia Tanah, 61 Orang jadi Tersangka

"Selain itu pula, (longsor juga terjadi) di daerah Sukasari Desa Padaawas ini (akibat) debit air yang sangat tinggi. Panjang jalan yang terputus kurang lebih sekitar 100m dengan ketinggian kebawah itu sekitar 70m," katanya.

Sementara itu, Head of Policy, Government, & Public Affairs Star Energy Geothermal Darajat, Nungki Nursasongko mengatakan Star Energy turut prihatin atas kejadian bencana alam tanah longsor yang terjadi. Kejadian itu juga tidak menyebabkan adanya korban baik luka maupun jiwa dari penduduk setempat dan karyawan Star Energy.

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Sumber: garutkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

Kasal: Ramadan, Bulan yang Teramat Istimewa

Jumat, 22 April 2022 | 14:30 WIB

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB
X