• Rabu, 19 Januari 2022

Hari Disabilitas Internasional: Pemkot Bandung Hadirkan Home Therapy bagi Penyandang Disabilitas

- Jumat, 3 Desember 2021 | 18:30 WIB
Logo peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021
Logo peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021

MEDIUM.CO.ID - Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021, Pemkot Bandung melalui RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat) Kota Bandung memberikan Program Home Therapy bagi Penyandang Disabilitas.

Program Home Therapy bagi Penyandang Disabilitas ini didukung penuh Pemkot Bandung beserta kewilayahan berupa fasilitasi serta pendampingan bagi keluarga penyandang disabilitas dalam mengikuti program Rumah Cinta Inklusi.

Ketua RBM Kota Bandung, Umi Siti Muntamah Oded menjelaskan, Rumah Cinta Inklusi (RCI) yang berlokasi di Gedung Yayasan Kanker Indonesia Kota Bandung, merupakan salah satu program kerja RBM Kota Bandung. Organisasi ini berkhidmat memberikan pelayanan serta penguatan bagi penyandang disabilitas beserta keluarganya.

Baca Juga: Waspadai Varian Omicron, Presiden: Gencarkan Vaksinasi

"Setiap pekan dilakukan asesmen terhadap para penyandang disabilitas yang dibina oleh kader RBM di 30 kecamatan di Kota Bandung secara bergiliran," terang Umi Siti, Jumat 3 Desember 2021.

Selain menghadirkan home therapy, RBM juga sekaligus membina keluarga dengan anggota keluarga yang berkebutuhan khusus. Penyandang disabilitas juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi gratis dengan dokter spesialis mata, pemeriksaan THT, pelatihan home program serta konsultasi dengan Psikolog.

Termasuk pembekalan home therapy dibimbing oleh Tim Dokter Spesialis dari Departemen Ilmu Kedokteran dan Rehabilitasi Fisik FK Unpad/RSHS, Perdosri Jawa Barat, Terapis Psikolog dari Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Jawa Barat, Tim Poltekkes RS Al Islam, dll.

Baca Juga: Jelang Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tiba di Singapura

RBM Kota Bandung juga berkomitmen mendukung Pemkot Bandung menghadirkan perlindungan dan layanan kepada para penyandang disabilitas.

"Terdapat 5.140 warga disabilitas di Kota Bandung yang harus diperhatikan kesejahteraannya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Sumber: Humas Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Tambah Pasokan Vaksin AstraZeneca

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:30 WIB
X