• Sabtu, 21 Mei 2022

Indonesia Tambah Pasokan Vaksin AstraZeneca

- Selasa, 18 Januari 2022 | 18:30 WIB
Indonesia Tambah Pasokan Vaksin AstraZeneca (Foto: InfoPublik)
Indonesia Tambah Pasokan Vaksin AstraZeneca (Foto: InfoPublik)

MEDIUM.CO.ID - Indonesia kembali akan kedatangan vaksin merek AstraZeneca sebanyak 1.750.800 dosis yang akan tiba pada Selasa 18 Januari 2022. Vaksin ini merupakan donasi dari pemerintah Jepang.

Vaksin AstraZeneca yang masuk kedatangan tahap ke-199 ini, diperkirakan sampai ke tanah air sekitar pukul 23.55 WIB di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten menggunakan maskapai Japan Airlines bernomor penerbangan JL 729.

Terkait dengan vaksin di atas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 22 Februari 2021, telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA untuk Vaksin AstraZeneca. Sehingga penggunaan vaksin ini dapat dipastikan aman dalam berkontribusi pada vaksinasi massal yang sedang digencarkan pemerintah.

Baca Juga: Inilah Arahan Presiden Jokowi Hadapi Peningkatan Kasus Omicron

Vaksin yang datang kali ini merupakan vaksin jadi atau siap pakai. Nantinya, vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat luas yang mengikuti program vaksinasi massal yang selenggarakan oleh pemerintah pada beberapa waktu ke depan. Mengingat, pemerintah bersama dengan para pemangku kepentingan tengah melakukan vaksinasi lanjutan secara gencar dalam beberapa waktu ke depan.

Sebelumnya, pemerintah mulai memberikan vaksinasi ketiga atau booster secara gratis pada dua kelompok prioritas yakni lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan mulai 12 Januari 2022. Tujuan dari pemberian vaksin ini, meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, karena wabah global Covid-19 masih mengancam setiap masyarakat di berbagai pelosok tanah air.

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," kata Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kejagung Periksa Tiga Saksi Dugaan Kasus Proyek Satelit Kemenhan

Alasan memberikan vaksin ketiga ini untuk keselamatan masyarakat di masa mendatang. Mengingat, ancaman dari bermutasinya virus Covid-19 yang masih berpotensi terjadi di dalam negeri.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," kata Presiden.

Halaman:

Editor: Irfan Malik

Sumber: Info Publik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

Kasal: Ramadan, Bulan yang Teramat Istimewa

Jumat, 22 April 2022 | 14:30 WIB

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB
X