• Minggu, 2 Oktober 2022

Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu Jaringan Internasional Seberat 1,1 Ton

- Jumat, 25 Maret 2022 | 12:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers pengungkapan sabu seberat 1,196 ton di Polda Jawa Barat. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers pengungkapan sabu seberat 1,196 ton di Polda Jawa Barat. (Foto: PMJ News)

MEDIUM.CO.ID - Polri berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 1,196 ton, yang diperkirakan seharga Rp1,43 triliun.

Polisi mengungkap pengiriman sabu ini di Pantai Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022) lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sabu ini berasal dari jaringan internasional. Pengungkapan berawal dai hasil pengembangan atas penangkapan tersangka SA oleh Polda Jawa Barat pada 25 Februari 2022. Saat itu, polisi menyita sabu seberat 6 gram.

Baca Juga: Federasi Sepakbola Prancis Akan Mengambil Tindakan Atas Sengketa Hak Gambar dengan Kylian Mbappe

"SA mendapatkan sabu dari HM yang ternyata diketahui terlibat jaringan peredaran sabu internasional. Diperoleh informasi, akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar melalui jalur laut," ungkap Kapolri Sigit saat konferensi pers di Bandung, seperti dikutip dari laman PMJ NEWS, Kamis (24/3/2022). 

Kapolri menjelaskan, dari informasi tersebut kemudian Polda Jabar mulai melakukan penyelidikan intensif. Alhasil, diperoleh keterangan tempat rencana penyimpanan sabu berada di wilayah Pangandaran.

"Tim kemudian menunggu kedatangan HM yang mana akan berlabuh di Pantai Madasari. Sekitar pukul 14.00 WIB, (target) memang benar melakukan transaksi ship to ship di Pantai Madasari," tuturnya.

Baca Juga: Tak Ada Penyegelan, Wakil Bupati Cianjur: Proses Belajar Mengajar di SDN Cigombong Tetap Berjalan Normal

"HM dan empat tersangka lainnya berinsial HH, AH, MB, dan NS disergap saat memindahkan karung yang diduga sabu ke mobil yang sudah menunggu di Pantai Madasari," sambungnya.

Selain kelima tersangka, lanjut Sigit, dari penyergapan tersebut polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa narkoba jenis sabu yang dikemas dalam kotak dan diperkitakan seberat 1,196 ton.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperiksa Penyidik, DJ Una Minta Doa

Senin, 25 April 2022 | 15:30 WIB

BKSAP Desak PBB Tegas Sikapi Kekerasan di Al-Aqsa

Selasa, 19 April 2022 | 16:00 WIB

Vanessa Khong dan Ayahnya Minta Tunda Pemeriksaan

Jumat, 15 April 2022 | 05:00 WIB

Polri Ungkap Peran Adik Hingga Pacar Indra Kenz

Selasa, 12 April 2022 | 02:30 WIB

Terpopuler

X