• Jumat, 9 Desember 2022

Menparekraf: Beli dan Pakai Produk Lokal Mempercepat Kebangkitan Ekonomi

- Jumat, 25 Maret 2022 | 14:00 WIB
MEnparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong masyarakat agar membeli produk lokal. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)
MEnparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong masyarakat agar membeli produk lokal. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

MEDIUM.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong masyarakat untuk membeli dan memakai produk buatan lokal, sebagai upaya mempercepat kebangkitan ekonomi dan memperluas peluang kerja.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, produk ekonomi kreatif di Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk bangga dengan produk buatan Indonesia dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional.

“Bangga Buatan Indonesia (BBI), jangan cuma bangga, tapi beli buatan Indonesia. Jadi kita jangan jadi Rohali (Rombongan Hanya Lihat-lihat), atau Rihana (Rombongan hanya nanya-nanya), kita semua harus jadi Rojali (Rombongan Jadi Belanja dan Beli),” kata Sandiaga dalam pernyataannya seperti dikutip dari laman InfoPublik.id, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga: Bantu Warga Miskin, Jabar Siapkan Aplikasi Pemesanan Minyak Goreng

Menparekraf Sandiaga mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian dan Lembaga dalam ratas terbatas (ratas) sebelumnya telah mendorong untuk melakukan percepatan, dengan menghapuskan persyaratan yang menghambat penggunaan produk dalam negeri, dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi.

“Presiden Jokowi ingin mendorong kewirausahaan sebagai bentuk bagian dari tatanan ekonomi baru pascapandemi. Sehingga dapat membuka lapangan kerja dan peluang usaha, menuju kebangkitan ekonomi,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga juga menjelaskan, sektor UMKM terbukti mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Kontribusi Sektor Ekonomi Kreatif terhadap ekspor pun mencapai 15,06 miliar dolar AS.

Baca Juga: Tak Ada Penyegelan, Wakil Bupati Cianjur: Proses Belajar Mengajar di SDN Cigombong Tetap Berjalan Normal

“Sementara dari sisi penciptaan kerja sektor ekonomi kreatif mampu menghadirkan 18,7 juta kesempatan kerja pada tahun 2021. Maka saya mendorong UMKM mulai Go Digital agar mampu menjadi bagian dari tatanan ekonomi baru," jelasnya.

Menparekraf yang didapuk sebagai Ketua Harian Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) juga menyatakan akan terus memastikan digitalisasi dan peningkatan ekosistem ekonomi digital dari produk ekonomi kreatif semakin meluas dalam program Gernas BBI tahun ini.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramadan, Momentum Tekan Covid-19 dan Pacu Ekonomi

Selasa, 29 Maret 2022 | 17:00 WIB

Komsi IV DPR RI Dukung Rehabilitasi Hutan di IKN

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:30 WIB

Luar Biasa, APBN Surplus Rp19,7 Triliun

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:30 WIB

Kedatangan PPLN melalui Bali dan Soetta Meningkat

Senin, 28 Maret 2022 | 11:00 WIB

Terpopuler

X