• Jumat, 12 Agustus 2022

Tinjau Food Estate Belu, Presiden: Jagung sebagai Komoditas Unggulan

- Jumat, 25 Maret 2022 | 20:00 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau penanaman tanaman jagung di kawasan food estate di Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Kamis 24 Maret 2022 sore. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meninjau penanaman tanaman jagung di kawasan food estate di Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Kamis 24 Maret 2022 sore. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

MEDIUM.CO.ID - Presiden Joko Widodo meninjau penanaman tanaman jagung di kawasan lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 24 Maret 2022 sore.

"Sore hari ini saya berada di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kita di sini baru saja membuka lahan seluas kurang lebih 53 hektar yang akan kita tanami jagung," kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan, pada lahan ini juga untuk air penyiraman tanaman menggunakan sprinkle yang sumber airnya berasal dari Bendungan Rotiklot. Ditambahkannya, food estate di kawasan ini nantinya akan diperluas sampai 500 hektar.

Baca Juga: Hindari, Berikut 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

"Kalau itu nanti berhasil dan produksinya bagus, kita akan melompat ke daerah yang lain yang juga ada lahan datar seperti ini seluas 15.000 hektar," sambungnya.

Menurut Jokowi, perlu keberanian menggunakan teknologi dan mencoba di lahan-lahan yang sulit seperti di NTT.

Dengan demikian, akan terlihat hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dikoreksi, serta mengetahui jenis alat dan mesin pertanian (alsintan) yang tepat digunakan di NTT.

Baca Juga: Ampuh, Berikut 6 Makanan yang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

Jokowi juga meyakini keberadaan food estate akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat NTT, khususnya Kabupaten Belu.

Selain itu, Jokowi juga berharap food estate ini akan memperkuat ketahanan pangan nasional dengan adanya lahan-lahan baru yang dibuka seperti.

Halaman:

Editor: Deden Abdul Aziz

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramadan, Momentum Tekan Covid-19 dan Pacu Ekonomi

Selasa, 29 Maret 2022 | 17:00 WIB

Komsi IV DPR RI Dukung Rehabilitasi Hutan di IKN

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:30 WIB

Luar Biasa, APBN Surplus Rp19,7 Triliun

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:30 WIB

Kedatangan PPLN melalui Bali dan Soetta Meningkat

Senin, 28 Maret 2022 | 11:00 WIB

Terpopuler

X