• Jumat, 12 Agustus 2022

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 14:30 WIB
BMKG menghimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem dam sepeken kedepan. (Foto : BMKG)
BMKG menghimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem dam sepeken kedepan. (Foto : BMKG)

MEDIUM.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem sepekan kedepan.

Dikutip dari laman InfoPublik.id cuaca ekstrem  seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin agar diwaspadai dalam sepekan kedepan di wilayah Indonesia.

Pasalnya, indeks-indeks global seperti SOI, dan NINO3.4 menunjukkan nilai yang signifikan. Kondisi ini mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga: Sah! Rans Cilegon FC Datangkan Ronaldinho, Dapat Dukungan Pemerintah

Sedangkan, aktivitas MJO saat ini berada pada fase 5 (Maritime Continent) yang masuk kategori Netral, dan diprediksi dalam seminggu kedepan akan bergerak menjauhi Indonesia. Hal tersebut mengindikasikan penurunan potensi hujan
dengan intensitas lebat hingga ekstrim di wilayah Indonesia bagian tengah hingga timur.

Sementara aktivitas gelombang atmosfer Rossby dalam sepekan kedepan menunjukkan kondisi meningkat di wilayah Indonesia, khususnya Indonesia bagian utara.

Sedangkan gelombang atmosfer Kelvin diprediksi signifikan pada wilayah Sumatera bagian utara hingga tengah, Kalimantan Barat, Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Warung Makan Boleh Buka Saat Puasa, MUI: Asal Tak Pamer Hidangan

Sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Samudera Hindia Selatan Jawa-Bali, Samudera Hindia Barat Sumatera, Laut Cina Selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru yang menyebabkan terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model tersebut, BMKG memperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramadan, Momentum Tekan Covid-19 dan Pacu Ekonomi

Selasa, 29 Maret 2022 | 17:00 WIB

Komsi IV DPR RI Dukung Rehabilitasi Hutan di IKN

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:30 WIB

Luar Biasa, APBN Surplus Rp19,7 Triliun

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:30 WIB

Kedatangan PPLN melalui Bali dan Soetta Meningkat

Senin, 28 Maret 2022 | 11:00 WIB

Terpopuler

X