• Jumat, 9 Desember 2022

Indonesia- Amerika Banyak Miliki Potensi Kerja Sama Militer

- Kamis, 31 Maret 2022 | 12:00 WIB
Dubes Amerika Serikat Sung Y. Kim menilai Indonesia dan Amerika Serikat memiliki potensi kerjasama terutama di bidang maritim.(Foto: Penkogabwilhan I)
Dubes Amerika Serikat Sung Y. Kim menilai Indonesia dan Amerika Serikat memiliki potensi kerjasama terutama di bidang maritim.(Foto: Penkogabwilhan I)
MEDIUM.CO.ID - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim Indonesia dan Amerika menilai, Indonesia dan Amerika banyak sekali potensi untuk dilaksanakannya kerja sama, terutama dalam bidang militer yang bertujuan untuk bersama-sama menciptakan keamanan maritim di kawasan regional. 
 
Hal itu diungkapkan Dubes Sung Y, Kim saat melakukan kunjungan kehormatan kepada Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya (Laksdya) TNI Muhammad Ali di di Mako Guskamla Koarmada I Batam, Kepulauan Riau, Selasa (29/3/2022). 
 
Dalam pertemuan itu, Pangkogabwilhan I menjelaskan terkait tentang rencana kepindahan Markas Komando Armada (Koarmada) I ke Tanjungpinang. Menurutnya rencana kepindahan Koarmada I ke Tanjungpinang masih dalam proses.
 
“Perpindahan Koarmada I di Tanjungpinang guna tidak terjadi kegiatan illegal yang terjadi di Selat Singapura dan Selat Malaka seperti Pencurian di Laut, penyelundupan dan lain-lain," ujar Pangkogabwilhan I seperti dikutip dari laman InfoPublik.id Kamis (31/03/2022) 
 
Ditambahkan, Pangkogabwilhan I, bahwa untuk menjaga stabilitas keamanan laut, Kogabwilhan I  bersama dengan Koarmada I bekerja sama dengan IFC Singapura dalam hal sharing informasi yang terjadi di Selat Singapura dan Selat Malaka. “Diharapkan dapat menciptakan stabilitas keamanan laut di Kawasan Regional,” ujarnya. 
 
Menurutnya, kerjasama di bidang militer ini seperti melaksanakan latihan militer bersama seperti yang sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, seperti Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) IndonesiaRim of the Pacific (RIMPAC), Latihan bersama Flash Iro, latihan bersama TNI AL - Amerika Serikat (GARUDA SEAL) dan lain-lain.
 
"Harapannya dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah menurun, kerjasama di bidang latihan militer tersebut dapat dilaksanakan Kembali,” kata Pangkogabwilhan I. 
 
Turut mendampingi Pangkogabwilhan I antara lain Asinten Intel (Asintel) Kaskogabwilhan I Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yanuar Hadwiono, Asisten Operasi (Asops) Kaskogabwilhan I Laksma TNI Aria Cakra, Asisten Personalia (Aspers) Kaskogabwilhan I Marsekal Pertama (Marsma) TNI Bejo Suprapto, Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan I Brigjen TNI Bosco Haryo Yunanto, Komandan Gugus Tempur Angkatan Laut Komando Armada (Danguspurla Koarmada) I Laksma TNI Hudiarto Kresno Utomo serta Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima.
 
Sedangkan Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia yaitu Atase Udara Colonel Brian McCulloigh, Konsul AS untuk Sumatra Gordon Church, Staff Officer Lester Asamoah, Asisten Ekonomi Hans Sukamto dan Interpreter Harya Bimasena.***
 

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB

RI Kecam Kekerasan Israel di Masjid Al Aqsa

Senin, 18 April 2022 | 15:00 WIB

Ade Armando Babak Belur Dikeroyok Massa

Selasa, 12 April 2022 | 02:00 WIB

Terpopuler

X