• Minggu, 2 Oktober 2022

Indonesia Pilih Abstain di Sidang Umum PBB untuk Resolusi Penangguhan Rusia, Ini Alasannya

- Sabtu, 9 April 2022 | 03:00 WIB
Rusia-Ukraina (Wikimedia Commons)
Rusia-Ukraina (Wikimedia Commons)

MEDIUM.CO.ID - Indonesia memilih abstain atau netral atas keputusan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (Dewan HAM PBB) yang menangguhkan Rusia sebagai anggotanya.

Indonesia memilih untuk abstain bersama dengan 57 negara lainnya termasuk India, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Qatar, Kuwait, Irak, Pakistan, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

Sedangkan 93 negara memberikan suara mendukung dan 24 menentang. Adapun negara-negara yang menentang ditangguhkannya Rusia dalam Dewan HAM adalah Rusia, Cina, Kuba, Korea Utara, Iran, Suriah, Vietnam.

Artikel ini sudah tayang di Ayoindonesia.com dengan judul:Alasan Indonesia Abstain di Sidang Umum PBB untuk Resolusi Penangguhan Rusia

Dewan HAM PBB mengambil keputusan penangguhan Rusia sebagai anggotanya didasarkan hasil melalui Sidang Umum PBB yang digelar Kamis malam waktu Indonesia, (7/4).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membeberkan alasan mengapa Indonesia memilih untuk memencet tombol abstain dalam resolusi itu.

Baca Juga: Menhan Temui Menkeu Bahas Sistem Pertahanan Negara

"Indonesia abstein karena sependapat dengan prakarsa Sekjen PBB untuk membentuk tim investigasi independen (international commission of inquiry, oleh the Human Rights Council) atas kejadian Bucha," ujarnya kepada media, Jumat 8 April 2022. "Intinya memberi kesempatan tim bekerja dan tidak memberi judgment awal," tambah Faizasyah.

Sebagai informasi, akhir pekan terakhir ini muncul foto-foto dari kota Bucha, pinggiran ibu kota Ukraina Kyiv, di mana foto tersebut menampilkan ratusan mayat sipil yang ditemukan di jalan-jalan dan di kuburan massal setelah penarikan Rusia dari daerah tersebut.

Namun, banyaknya hal janggal dalam foto dan video yang ditampilkan membuat PBB akhirnya membentuk tim investigasi independen guna mencari tahu keabsahan dari foto dan video itu.***

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: ayoindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB

RI Kecam Kekerasan Israel di Masjid Al Aqsa

Senin, 18 April 2022 | 15:00 WIB

Ade Armando Babak Belur Dikeroyok Massa

Selasa, 12 April 2022 | 02:00 WIB

Terpopuler

X