• Selasa, 5 Juli 2022

Menkominfo: Pemerintah tak Terkait dengan Peretasan Akun Mahasiswa

- Senin, 11 April 2022 | 02:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate. (Dokumentasi Humas Setkab)
Menkominfo Johnny G Plate. (Dokumentasi Humas Setkab)

MEDIUM.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate menegaskan pemerintah tidak terkait dengan adanya peretasan yang dialami mahasiswa, khususnya akun milik koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Menteri Johnny mengatakan peretasan atau serangan siber itu terjadi setiap saat, sehingga setiap orang harus melakukan upaya preventif.

“Pemerintah tidak pernah melakukan peretasan, tapi peretasan serangan siber itu setiap detik terjadi, sehingga kita masing-masing harus menjaga ya, agar ruang digital kita itu terjaga dengan baik, termasuk di dalamnya enkripsi harus dijaga ya,” ujar Menkominfo di kediaman pribadinya Jakarta, seperti dikutip dari laman InfoPublik.id Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Usai Tampar Chris Rock, Will Smith Dilarang Hadiri Piala Oscar Selama 10 Tahun

Salah satu upaya preventif tersebut adalah dengan melakukan pergantian kata kunci (password) media sosial dan juga akun lainnya secara berkala.

Sebab, para peretas selalu mencari kelemahan akun-akun pribadi, bahkan juga akun pemerintah, terutama ketika ada agenda-agenda penting.

“Kita punya one time password-nya harus selalu dipakai jadi sering mengganti password kita sehingga jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu,” katanya.

Baca Juga: PPATK: Klub Sepakbola Tanah Air Kecipratan Uang Miliaran Investasi Ilegal

Menurut Menteri Johnny, pemerintah terus berkomitmen untuk menjaga kebebasan berekspresi masyarakat, termasuk kebebasan berbicara di ruang digital.

Namun masyarakat dan penyelenggara sistem elektronik juga diharapkan ikut berperan aktif dalam menjaga ruang digital masing-masing karena serangan siber terjasi terus menerus.  

Halaman:

Editor: Dede Sandi Mulyadi

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Tetapkan Penanggung Jawab Divisi

Rabu, 20 April 2022 | 14:30 WIB

RI Kecam Kekerasan Israel di Masjid Al Aqsa

Senin, 18 April 2022 | 15:00 WIB

Ade Armando Babak Belur Dikeroyok Massa

Selasa, 12 April 2022 | 02:00 WIB

Terpopuler

X